Sosial Bar

Pertanyaan Fundamental Mengenai SEO

Apa Pemahaman SEO


Saat Anda membuat sebuah website atau web, lakukan optimisasi SEO On Page ialah paket komplet yang harus mengikutinya. SEO On Page sendiri ialah dasar untuk sebuah web. Bila On Page nya telah baik, optimisasi seterusnya semakin lebih gampang.

Pertanyaan Fundamental Mengenai SEO

Saat sebelum mengulas dengan detil langkah optimisasi SEO On Page, kita akan mengenali terlebih dahulu apakah itu SEO pada umumnya dan bagaimanakah cara kerjanya. Pengetahuan ini akan Panda kumpulkan dalam pola FAQ berikut yaa…


Apa Pemahaman SEO? SEO atau Search Engine Optimization ialah sebuah tehnis optimisasi yang dipakai untuk mengoptimalkan perform web di mesin perayap. Dengan SEO, karena itu web akan memiliki status yang bagus di halaman penelusuran (SERP/ Search Engine Result Page)


Apa Faedah SEO? Sama sesuai maksudnya, faedah SEO ialah membuat tiap halaman teroptimasi hingga ramah penelusuran oleh pemakai. Saat pemakai menuliskan keyword, karena itu web kita bakal tampil di halaman khusus penelusuran.


Dengan demikian, web bisa banyak pengunjung, dan proses monetisasi atau goal usaha jalan maksimal.


Apa Perbedaannya SEO Off Page dan SEO On Page? SEO On Page ialah optimisasi yang bekerja secara intern. Dan SEO Off Page ialah optimisasi halaman web secara external, seperti networking dan back-link.


Nach, di artikel ini kali, Panda akan membahas secara detil mengenai apakah itu SEO On Page dan bagaimanakah cara melakukan. Yok kita baca bersama!


Apakah itu SEO On Page?

SEO On Page ialah tehnik optimisasi SEO yang sudah dilakukan secara intern lewat content yang diedarkan. Kata On Page ini sendiri merujuk pada tempat kerja optimisasi, yakni semua faktor intern yang terkait dengan web, seperti content dan HTML.


Optimisasi On Page bisa juga dikatakan sebagai cara optimisasi untuk tingkatkan kualitas content supaya gampang dibaca dan dimengerti oleh pengunjung web.


Menurut Panda, optimisasi On Page ialah dasar penting dalam membuat sebuah situs. Argumennya, saat web kita ramah di halaman mesin perayap, jalan raya web akan maksimal dan stabil.


Bila ini telah terwujud, karena itu optimisasi off page berkaitan dengan networking dan backlinking semakin lebih gampang terwujud.


Sesudah pahami apakah itu SEO On Page, cara setelah itu mengaplikasikan optimisasi On Page untuk web kita. Dengan demikian, diharap web kita punyai perform yang maksimal di halaman penelusuran :


1. Nama Domain

Bila Anda baru ada di tahapan berencana sebuah web, optimisasi dapat Anda awali dengan pilih nama domain yang akurat. Ada banyak tipe nama domain yang dapat dipakai :


* Merek domain, yakni nama domain langsung bernama unik merek, seperti pandagila.com, detik.com, moz.com, dan lain-lain.

* Segmental match domain, yakni dengan kata kunci ditambahkan kata lain, seperti wisataunik.com, denahrumah43.com, dan lain-lain.

* Exact match domain, yakni domain dengan memakai kata kunci tanpa tambahan kata unik, seperti reservasihotel.com, wisatalombok.com, androidterbaik.com, dan lain-lain.


Memakai segmental match dan exact match domain dapat memberikan keuntungan dan kekurangan. Di satu segi domain ini dapat semakin gampang naik pada hasil penelusuran, dan menjadi kekurangan karena over optimisasi secara tidak menyengaja.


Dari Panda sendiri sich lebih merekomendasikan untuk memakai merek domain atau segmental match domain.


Panduan saat menentukan nama domain :


* Pakai nama domain yang sederhana dan unik

* Pakai domain yang gampang dikenang dan gampang diketik.

* Jauhi pemakaian watak unik seperti strik dalam nama domain

* Jauhi pemakaian nama domain yang terlampau panjang.


Untuk lebih detilnya, simak juga artikel Panda : 13+ Panduan Pilih Nama Domain yang Baik dan Pas untuk Web.


2. Kata kunci (Kata Kunci)

Optimisasi SEO On Page tidak dapat terlepas dari peran kata kunci alias keyword. Dalam soal pemakaian keyword, ada banyak konsep yang penting Anda turuti :


* Jauhi praktik kata kunci stuffing karena ini tidak bermanfaat sama sekalipun.

* Pakai keyword yang berkaitan dan tepat.

* Kerjakan penelitian keyword secara periodik untuk keperluan content dan web Anda keseluruhnya.

* Pakai kata kunci di judul dan sub judul dengan cara alamiah.

* Pakai keyword khusus di dalam 100 kata pertama di content.

* Lihat kata kunci densitas atau kepadatan keyword dalam content (2% dari jumlahnya kata atau Anda dapat gunakan referensi dari Yoast SEO).

* Pakai LSI kata kunci dengan maksimal.


LSI (Latent Semantic Indexing) kata kunci ialah keyword yang bermakna serupa (persamaan kata) dengan kata kunci khusus yang ditarget. Keyword yang Anda dapatkan dalam tool umumnya ialah hasil penyeragaman dari beberapa keyword yang serupa.


Bila Anda cuman memakai kata kunci khusus saja, karena itu capaian Anda dapat benar-benar terbatas. Walau sebenarnya, tidak semuanya orang cuman memakai barisan keyword itu- hanya itu.


Kenyataannya, orang dapat memakai macam kata apa dalam cari sebuah topik. Itu kenapa Anda perlu memaksimalkan pemakaian LSI kata kunci ini.


Tolong Google dan beberapa pembaca untuk pahami apa isi pada webpage Anda dengan tempatkan keyword pada awal, di dalam 100 kata pertama. Tidak boleh kebanyakan basi-basi dan membuat orang jemu karena Anda tidak juga mengulas apa yang sudah Anda janjikan dalam judul.


3. Susunan Permalink

Susunan URL atau permalink yang simpel dan terang adalah tanda khusus SEO semenjak 2019. Tipe permalink ini akan mempermudah mesin perayap dalam mengenal topik yang diulas.


Permalink baiknya cukup memiliki kandungan konsentrasi kata kunci yang ditarget. Misalkan saat Panda membuat content mengenai audit web, karena itu permalinknya ialah /website-audit/.


Secara standar, WordPress membuat permalink dengan pola /2021/05/judulartikel.


Anda dapat mengganti susunan permalink ini secara mudah lewat dasbor WordPress dengan click Seting > Permalink. Kemudian tentukan susunan permalink Post Name, dan click Save.


Seterusnya Anda tinggal memerhatikan url Anda ketika akan menerbitkan content. Karena secara automatis url akan tercipta dari tiap kata dalam judul, hingga perlu di-edit terlebih dahulu.


4. Judul Content yang Menarik

Selainnya status web, judul jadi daya magnet pada hasil penelusuran. Judul yang bisa dibaca menarik dan berkesan memberikan nilai langsung akan mengundang perhatian untuk di-click dan didatangi.


Dikutip dari Konten Pemasaran Institute, pemakaian judul dengan angka dapat tingkatkan jumlah click 45 % lebih bagus dibanding judul tanpa angka. Misalkan saja :


Tetapi tidak berarti semua content Anda harus memakai angka pada judulnya, apa lagi sampai memaksa. Anda juga bisa coba macam kalimat yang dapat mengundang perhatian dan memberikan keyakinan pembaca.


5. Optimisasi Gambar

Untuk membikin content Anda memikat buat dibaca, pemakaian gambar memiliki peran penting. Dan untuk optimisasi SEO On Page Anda, ada banyak hal yang penting jadi perhatian berkaitan pemakaian gambar.


Ini diantaranya :


Ukuran Gambar

Yakinkan size gambar tidak besar supaya loading situs tidak lamban (upayakan satu gambar tidak kurang dari 100KB). Untuk memaksimalkan gambar, Anda dapat gunakan service kompresi gambar seperti TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, Kraken, dan OptiPNG.


Jejeran service ini dapat menolong kompresi gambar tanpa memberikan imbas memiliki arti pada kwalitasnya.


Nama File

Berikan nama file sesuai konsentrasi kata kunci yang ditargetkan. Pemberian nama ini akan menolong gambar gampang ada dalam penelusuran Google (Google Gambar Search).


Pakai Alt Teks

Alt teks atau alternatif teks berperan menolong Google mengenali topik yang diulas di content. Disamping itu, alt teks bisa juga mempermudah gambar untuk ada di Google Gambar Search.


Mengganti alt teks dapat dilaksanakan di pustaka gambar dengan isi kolom alternatif teks.


6. Pemakaian Heading dan Sub Heading

Untuk memberikan pengalaman pemakai yang bagus, susunan content Anda harus terang dan gampang dimengerti. Salah satunya langkah untuk merealisasikan ini dengan pemakaian heading dan subheading yang bagus.


Heading dan subheading ini sendiri berperan untuk merusak artikel jadi bagian-bagian. Pemakaian ini sama dengan penggunaan bab dan sub bab pada buku. Dengan pembagian ini, pembaca semakin lebih gampang mendapati poin- point utama yang mereka perlukan.


Dari segi mesin perayap, pemakaian heading dan sub heading menolong search engin bot lakukan crawling content secara cepat sebab bisa menyaksikan dasar ulasan content.


Dalam susunan content ini sendiri kita mengenali pemakaian Heading 1 sampai heading 6. Heading 1 umumnya automatis dipakai untuk judul. Hingga dalam susunan content Anda dapat memakai heading 2 sampai 6.


Untuk lebih detilnya, Anda dapat membaca artikel Langkah Pas Memakai Heading Tag H1 H2 H3 - H6 Supaya SEO Friendly.


7. Content Berkualitas

Selainnya judul yang memikat, content Anda keseluruhannya harus berkualitas. Content Anda harus informatif, berguna, dapat dibaca secara baik, dan dapat menjawab rasa ingin ketahui pembaca secara baik.


Seperti tagline "Konten is The King", content yang berkualitas akan menang di persaingan yang sebenarnya.


Panduan saat membuat content berkualitas :


* Dicatat dengan cara alamiah, tidak memaksa kebanyakan kata kunci.

* Bukan duplikat konten.

* Memiliki tingkat penyempurnaan yang bagus supaya masih tetap berkaitan, baru, dan fresh.

* Menjawab kedalaman info yang umumnya tercermin dalam artikel yang panjang dan informatif.

* Informatif, menarik, dan berguna.


Sebetulnya tidak ada standard angka tentu untuk berapakah panjang artikel sebagai parameter kwalitasnya. Karena realitanya, ulasan mengenai satu topik dapat memiliki panjang 2000 kata dan kata kunci yang lain kemungkinan terbatas dalam 800 kata.


Bila ingin tahu untuk menghitung berapakah panjang content yang perlu kita bikin, coba untuk menyaksikan jumlah kata dari content pesaing. Anda dapat melihat minimal rangking tiga paling atas hasil dari penelusuran.


8. Loading Cepat

Page speed atau kecepatan loading sebuah web adalah aspek khusus dalam optimisasi on page. Pakailah theme yang tidak berat, plugin sama sesuai keperluan, dan maksimalkan kompresi gambar.


Bila perlu, anda dapat manfaatkan service CDN dan plugin cache untuk memberi perform web yang cepat dan maksimal.


Untuk ketahui kecepatan web, Anda dapat memakai beberapa service berikut :


* /speed/pagespeed/insights/

* /

* /

* /


Untuk testing, Anda dapat memakai salah satunya halaman web saja. Karena kemungkinan besar pengunjung tiba dari mesin perayap ke arah halaman artikel Anda, bukan homepage.


9. Mobile Friendly dan Responsif

Karena lebih dari 80% pengunjung datang dari mobile piranti, karena itu yakinkan web kita mobile friendly dan responsif di semua piranti. Karena itu, Anda dapat memakai topik web yang responsive.


Responsive maknanya topik cocok dengan beragam tipe piranti. Saat pemakai terhubung dari piranti yang berbeda- berbeda, web bakal tampil secara baik dan responsive.


Untuk pastikan web Anda mobile friendly, coba lakukan pengujian di Mobile Friendly Tes.


Anda bisa juga menimbang pemakaian Google AMP, yang disebut versus enteng dari web kita yang memakai cache dari Google.


10. Intern Link

Intern link ialah link yang ke arah content lain di web kita. Dengan link ini, pembaca akan gampang beralih dari 1 content ke content lain di web kita.


Intern link mempermudah pembaca untuk memperoleh keterangan lebih komplet dari sebuah anchor link, yang umumnya berkaitan dengan content yang kita baca.


Intern link ialah argumen untuk beberapa pengunjung web untuk tetap bertahan semakin lama dalam web Anda. Dan tambahan intern link akan memperlihatkan pada Google jika Anda memiliki content yang fresh berguna, dan sama-sama tersambung.


Pemakaian intern link dalam tiap situs page atau artikel ialah praktik yang baik pada SEO On Page.


11. Outbound Link

Ada intern link, ada pula outbound link. Perbedaannya, link outbound ialah link keluar yang disebut rekomendasi pada web lain. Outbound link dipakai bila Anda mencuplik info dari situs lain atau memberikan rekomendasi berkualitas.


Untuk link outbound, yakinkan Anda memberi referensi pada web dengan rekam jejak baik dan berkaitan dengan content.


Pemakaian link outbound dengan praktik yang bagus (merekomendasikan web berkualitas) akan memperlihatkan pada Google jika situs Anda berisi info dari sumber yang dapat dipercaya.


Selainnya meta judul di judul content, meta description pun tidak bisa lepas dari optimisasi. Anda dapat memakai meta deskripsi dengan kata kunci yang termuat secara singkat dan efisien, tetapi enak untuk dibaca.


Pada hasil penelusuran, deskripsi langsung akan ada di bawah judul. Saat deskripsi Anda on poin, yang memiliki arti menarik dan menggerakkan rasa ingin ketahui pembaca, kecondongan mereka untuk mengeklik halaman jadi lebih besar.


Contoh real-nya saja misalkan, ada web di ranking satu tetapi dengan deskripsi yang ala-ala kandungannya dan kurang teroptimasi. Dan web Anda berada di ranking ke-3  tetapi dengan optimisasi deskripsi hingga berkesan lebih memberikan keyakinan.


Karena itu walau rangking Anda lebih rendah, bisa saja web Anda akan terima jalan raya semakin tinggi dibanding web di ranking pertama, tetapi meta deskripsi ala-ala kandungannya. Seiring waktu berjalan, ranking halaman Anda dapat semakin naik kembali karena content dipandang lebih dicintai dan berguna untuk pembaca.


Bila web Anda ialah e commerce atau usaha lokal, Anda dapat menyelipkan nomor telephone, WhatsApp atau contact yang lain, dan call to action (CTA) singkat.


Untuk meta description sendiri, dalam versus desktop pembaca dapat menyaksikan sampai 200 watak, dan untuk versus mobile, dapat kelihatan sampai 172 watak . Maka, bikinlah meta deskripsi Anda secara singkat ( watak) secara preskriptif, menarik, dan sudah pasti memiliki kandungan keyword.


Pemakaian multimedia akan membuat halaman situs Anda jadi lokasi yang nyaman untuk menyantap info sampai habis. Itu kenapa penting untuk manfaatkan pemakaian gambar dan video.


Pemakaian gambar dan video akan membuat halaman Anda kelihatan makin hidup dan tingkatkan pengalaman pemakai. Gambar dan video memberi tambahan info sekitar content Anda dan memberikan insight untuk pemakai.


Dan pemakaian video sendiri, berdasar data DigitalSherpa, dapat tingkatkan keterkaitan dengan pemakai di web. Perbandingannya ialah 20%:80% saat Anda tidak dan memakai video.


Panduan dalam memakai content multimedia di halaman :


* Pakai gambar dan video yang berkaitan dengan content

* Pakai gambar dengan file, pola, dan ukuran yang pas (size gambar teroptimasi dengan baik)

* Tambah atribut alt yang sama sesuai dalam tiap gambar

* Berikan judul unik untuk tiap gambar/ video


14. Atur Link Jadi Open Tab

Buka link di tab baru berkesan remeh, tetapi dapat tingkatkan kualitas pengalaman pemakai di web. Bila satu halaman memiliki kandungan tiga link pada sebuah artikel misalkan, memencet tombol back berkali-kali untuk kembali lagi ke artikel dapat membuat pembaca Anda frustasi.

Secara standar, WordPress atur pembaca untuk buka link di tab yang serupa . Maka, Anda perlu mengganti penataan ini dengan manual dengan mengubah link seting ke new tab.


Bila ingin secara automatis, Anda dapat memakai plugin Eksternal Link di WordPress.


Seterusnya, penting untuk membikin web Anda untuk dapat dibagi secara mudah lewat tombol sharing sosmed. Button shareini bisa juga tingkatkan capaian dan membuat audience baru di beberapa basis.


Oleh karena itu, kedatangan plugin media sosial share di web memiliki peran penting. Plugin ini menolong membuat button sharing media sosial yang mempermudah pembaca dalam share content.


Saat sebuah content memiliki jumlah sharing yang besar, ini dapat disimpulkan sebagai tingkat integritas yang tinggi di mata pemakai. Tingkat sharing yang tinggi bisa juga kita gunakan untuk branding dan eksposur pada merek dan usaha Anda.


Tehnik saat menyeleksi button medsos :


* Button social share yang pasti dan menonjol dapat menambah jumlah berbagi sampai 700%

* Pikirkan buat menunjuk plugin social media share sesuai sama kepentingan


Kecuali mobile friendly atau peka, rancangan blog Anda mesti baik keseluruhannya. Berarti, pengaturan kontent tak kita kerjakan terlalu berlebih.


Penampakan yang kelewatan kecuali memberinya destruksi pembaca saat membuka kontent, pula bikin loading website bertambah lamban. Pada akhirnya, bounce rate bertambah tinggi.


Rancangan blog Anda keseluruhannya mesti punyai poin- point berikut di bawah ini :


* Mobile friendly/ peka.

* Gampang atau loading website tak berat.

* Tidak terlalu iklan.

* Peletakan widget tak memberinya destruksi pembacaan kontent.

* Hindarkan pemanfaatan widget kelewatan dan tak penting.

* Navigasi blog baik dan simpel dijangkau.

* Paduan warna stabil dan tidak terlalu jenis.

* Gunakan font terunggul buat blog yang asyik dibaca di berapa piranti.


Optimisasi Lain buat menyuport SEO On Page Anda…

Kecuali ke-5 belas optimisasi itu, ada optimisasi dan spek tambahan yang dapat Anda memakai buat mengoptimalkan On Page Anda..


Terkait post punya peran yang serupa dengan intern link, adalah membantu pemakai dalam berganti ke kontent lain. Pembedanya, terkait post terancang berbentuk santapan artikel yang dianjurkan.


Dalam terkait post, saran ini nampak langsung berbentuk judul atau objek yang bisa dikupas. Dan rata-rata saran ini masih berkaitan dari kontent yang dibaca oleh pengunjung.


Buat gunakan terkait post, Anda dapat gunakan widget terkait post atau inline terkait post buat memasukkan saran artikel di tengah- tengah konten.


Kalau theme Anda telah punya spek bawaan terkait post (sama yang Panda pakai saat ini*), Anda tidak usah gunakan plugin tambahan.


18. Daftar Isi

Daftar isi punya peran yang serupa dengan heading tag, yang bikin kontent jadi terancang dan simpel buat dimengerti. Baik itu oleh pembaca, lantaran ada kesimpulan pembicaraan kontent dan dapat melonjak ke pembicaraan objek dalam sekejap. Atau oleh search engine, lantaran ada hierarki pembicaraan objek.


Buat bikin daftar isi, Anda tidak usah mengerjakan sortir dengan manual. Cukup tata kontent Anda dengan heading tag yang benar dan pakai plugin buat bikin daftar isi automatis di kontent WordPress Anda.


Ikhtisar

Meskipun daftar optimisasi SEO On Page ini berkesan cukuplah panjang, sebetulnya sejumlah dari optimisasi ini cukup Anda kerjakan seting diawalnya saja. Umpamanya saja seperti susunan permalink, theme mobile friendly, sampai penyusunan plugin medsos.


Tapi yang benar, saat Anda mengerjakan praktik SEO On Page ini secara bagus, website Anda telah punya landasan yang kuat maka dari itu anda dapat mengerjakan optimisasi kelanjutan ke SEO Off Page.


Oh iya, buat menegaskan optimisasi On Page maksimum, Anda dapat menggunakan 8 Plugin SEO WordPress Terunggul buat Menambah Posisi Blog. Terdapat banyak soal bagus yang dapat Anda melakukan secara jejeran plugin SEO ini.


Dengan demikian, kapasitas blog Anda terus untuk tampil di halaman penting pelacakan dapat kian besar. Lantas lewati website dapat ramai, revenue iklan dan alterasi pemasaran pula mengenyam kenaikan. Ini kedengar membahagiakan, kan?


Mudah-mudahan berfaedah!